Skip to main content

Selamat Hari Pahlawan, Indonesia


Hari ini, 10 November, adalah salah satu hari paling bersejarah buat kami, orang Indonesia (kenapa kami, soalnya kan yang baca gak cuma dari Indonesia #sombong). Hari ini adalah hari yang dikhususkan untuk pahlawan-pahlawan kami yang telah gugur demi membela hak-hak kami sebagai bangsa Indonesia. Well, meskipun pas dulu itu gak semua yang bertempur, tapi tetep aja, pertempuran yang terjadi tanggal 10 November 1945 itu yang paling besar dan paling berat buat pejuang-pejuang Indonesia. Apalagi, ini adalah perang pertama sejak Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, alias Indonesia merdeka. Terus, peristiwa ini yang membuat rakyat di seluruh Indonesia melakukan perlawanan terhadap Inggris dan Belanda pada masa itu. Makanya, dijadiin simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.


Kita masuk ke sejarahnya, kenapa tanggal 10 November itu jadi penting. Jangan bosen lho yaa. Inget, kita orang Indonesia, harus menghargai sejarah kita. Jadi, tetep dibaca yaa, pembaca setia gw. Hohoo..

Yang namanya perang, klo gak ada "api"nya, gak bakalan meletus. Jadi, dulu itu, pas Indonesia udah menyatakan diri merdeka, tentara Jepang, masih ada di daerah2 di Indonesia. Makanya jadinya ada perang2 kecil gitu di daerah2 buat ngusir Jepang. Pas lagi seru-serunya, eh, Inggris dateng tanggal 15 September di Jakarta, terus di Surabaya tanggal 25 Oktober. Inggris waktu itu tugasnya melucuti tentara Jepang, membebaskan tentara Jepang, n dikembalikan ke negerinya. Tapi, ternyata, Inggris juga bawa misi lain, yaitu mengembalikan negara Indonesia kepada Belanda (kan dulu di jajah ma Belanda), dengan NICA (Netherlands Indies Civil Administration) sebagai perwakilannya gitu. Kan jadi emosi orang Indonesia. Ni tentara Inggris, dateng-dateng mau bantuin ato malah mau nambah masalah? Perang lagi. 




Hotel Oranje pake bendera Belanda

Well, itu baru awalnya. Setelah itu, di Surabaya, lagi gencar2nya kemerdekaan kan. Mereka yang paling semangat deh kyaknya. Sampe suatu hari, ada sekelompok orang Belanda, dibawah pimpinan 
W.V.Ch. Ploegman, mengibarkan bendera Belanda (merah, putih, biru) di Hotel Oranje/Hotel Yamato (sekarang jadi Hotel Majapahit). Pas pemuda Surabaya ngeliat itu, apalagi masih semangat kemerdekaan, pasti jadi emosi donk. Akhirnya massa mulai berkumpul. 


Terus residen Soedirman, yang dikawal Sidik dan Hariyono dateng ke hotel itu untuk berunding. Mereka meminta pihak Belanda menurunkan bendera Belanda, terus diganti pake bendera Indonesia. Tapi, mereka menolak. Mereka menolak kedaulatan Indonesia, makanya mereka masang bendera Belanda. Di ruang perundingan itu sampe gontok-gontokan, bahkan tembak-tembakan, yang meniggal Ploegman (gra2 dicekik ma Sidik) sama Sidik (ditembak ama tentara Belanda yang jaga2). Soedirman ma Hariyono kabur, terus ikut manjat ke atas gedung. Mereka ngerobek warna biru bendera Belanda (jadi Merah-Putih deh), terus dikibarin. Abis itu, bukannya tenang, malah makin bergolak. Mulai perang2 kecil sama Inggris. 


Di skip aja abis itu. Pokoknya ada kejadian penandatanganan gencatan senjata, terus Brigjen Aubertin Mallaby tewas tertembak (penyebabnya gak tau siapa), terus diganti sama Mayor Jenderal Robert Mansergh yang mengeluarkan ultimatum. Isinya semua orang Indonesia (bahkan sampe pemimpin2nya), harus melapor dan menyerahkan senjata yang mereka punya di tempat yang ditentukan dan menyerahkan diri dengan mengankat tangan diatas. Dikasih batas waktu sampe tanggal 10 November, jam 6 pagi. Bayangin donk, Indonesia udah merdeka, tapi kok kayaknya cuma di tempat2 tertentu aja yaa, kyak Jakarta gtu. Sedangkan, daerah2 lainnya kyak masih terjajah gitu, sampe2 ngeluarin ultimatum kyak gtu. Seakan-akan, kemerdekaan Indonesia itu fake buat mereka. #emosi. 




Otomatis dianggap penghinaan besar donk sma pejuang-pejuang kita (termasuk rakyatnya). Ultimatum itu ditolak mentah2 sama pihak Indonesia. Secara, Indonesia udah merdeka, udah berdiri sendiri. terus juga ada TKR (Tentara Keamanan Rakyat). Karena gak ada yang patuh sama ultimatum tersebut, Inggris akhirnya melakukan penyerangan berskala besar, dengan melakukan pengeboman udara di sekitar gedung-gedung pemerintahan Surabaya, terus mengerahkan sekitar 30ribu pasukan infanteri, pesawat terbang, tank, ama kapal perang. Terus, Inggris membombardir Surabaya dengan meriam dari laut dan darat. 








Waktu itu, penduduk sipil juga ikut, jadinya banyak yang meniggal, maupun yang terluka. Terus, pemerintah Inggris pikir, tiga hari udah selese perangnya. Eh, taunya berminggu-minggu. Hal itu dikarenakan , terkoordinasikannya penyerangan dari pihak Indonesia.Tapi, pada akhirnya, Inggris berhasil merebut kota Surabaya, dengan korban meninggal setidaknya 6000-16000 orang, 20000 penduduk sipil mengungsi, 600-2000 tentawa Inggris tewas. #penontonkecewa






Ada satu tokoh yang sangat penting. Bung TOMO. Tokoh yang terkenal dengan semboyan "rawe-rawe rantas, malang-malang tuntas" ini adalah pemimpin perjuangan pada pertempuran Surabaya 10 November 1945. Ia adalah pelopor muda yang berpengaruh besar di masyarakat. Ia terus menggerakkan semangat perlawanan pemuda-pemuda Surabaya hingga perlawanan terus berlanjut. Setelah pertempuran Surabaya, ia sempat terjun ke dunia politik, pada masa pemerintaha Soeharto. Ia menjabat sebagai Menteri negara Urusan Bekas Pejuang Bersenjata/Veteran sekaligus Menteri Sosial Ad Interim pada 1955-1956 pada kabinet Burhanuddin Harahap.Pada masa pemerintahan Soeharto, Bung Tomo sering mengkritik kebijakan Soeharto yang dianggapnya mulai melenceng, hingga akhirnya ia ditangkap dan dipenjara. Ia wafat pada tanggal 7 Oktober 1981. Ironisnya, ia tidak dimakankan di Taman Makan Pahlawan, melainkan di TPU Ngagel, di Surabaya. Selain itu, ia tidak diberi gelar pahlawan nasional, setelah apa yang telah ia lakukan. Setelah adanya desakan oleh berbagai pihak, akhirnya pemerintah memberikan gelar pahlawan nasional kepada bung Tomo pada tanggal 10 November 2008 lalu.


Fiuh. Akhirnya selesai juga menuliskan sejarah kenapa 10 November bisa jadi hari pahlawan. Well, semoga ini menjadi informasi penting buat lu-lu pada, menambah pengetahuan tentang sejarah Indonesia. Lumayaan, nilai sejarah bisa nambah. Hehee. Mungkin udah cukup kali yaa.




Salam,
Si Pembuat Blog






Si Pembuat Blog ingin menyampaikan terima kasih kepada:
http://www.biografitokohdunia.com/2011/02/biografi-bung-tomo.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Peristiwa_10_November
karena telah memberikan informasi yang cukup akurat

Comments

  1. Saya sangat terkagum dengan hasil seni lukis yang terdapat di halaman web ini.Karena apa?karena lukisan ini menggambarkan petapa pedihnya perjuangan para pahlawan untuk memerdekakakan indonesia.

    Saya berharap banyak org terutama pemuda pemudi generasi indonesia yg melihat lukisan ini dan lukisan ini bisa dikenang selama lamanya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

First Concert of Ultima Sonora

Tanggal 7 kemaren, Ultima Sonora, UKM Padus kampus gw, akhirnya mengadakan first concertnya.! Seneng banget bisa jadi bagian dari konser itu, meskipun gw pada akhirnya cuma jadi panitia. ^^' Konser kemaren, Ulson (singkatan dari Ultima Sonora) menyanyikan kurang lebih 10 lagu, terus ada yang nari balet untuk lagu terakhirnya, Mahadewi. Gw gak yakin bener ato gak, karena gw lagi ada di samping panggung dan ketutupan partisi, tapi katanya semua orang yang hadir waktu malam itu pada standing ovation semua. T.T Saya terharu. Well, menurut gw, untuk konser perdana udah cukup memuaskan. Sempet ada yang salah nada (nadanya naek) di salah satu lagu, tapi pada akhirnya berhasil ditutupin dengan lagu selanjutnya. >.<  Langsung aja nikmatin hasil dari para fotografer kita. cekidot.!! Para pekerja di balik layar Ultima Sonora   Semua anggota Ultima Sonora Appasionata Band dari UPH (kecuali yang paling kiri sama ketiga dari kanan) + Pelatih, Au

Sony DSR-PD117 Short Review

Gambar 1.1 Kamera Sony DSR-PD177 Sony DSR-PD177 adalah salah satu camcorder standar DVCAM yang dikeluarkan oleh perusahaan Sony,Inc. Camcorder ini mengadaptasi format DVCAM yang merupakan standar format SD (Standard-Definition)  untuk kameramen profesional. Sama seperti camcorder pendahulunya, DSR PD-170, camcorder ini dapat digunakan untuk berbagai macam aplikasi dimana kualitas gambar dapat diandalkan dan bisa dugunakan disegala macam kondisi dan situasi. Camcorder ini memiliki kualitas audio yang lebih baik dibandingkan camcorder pendahulunya. Selain itu kualitas videonya pun sudah lebih baik daripada DSR PD-170 dan memiliki cara pengoperasian yang lebih mudah, termasuk pilihan aksesori agar bisa digunakan diberbagai macam skenario shooting (pengambilan gambar).  Menurut Mr. Isao Matsufune, Head of Network Systems Product Marketing, Business and Professional Products Asia Pacific, “DSR-PD177P memakai DVCAM format yang sudah menjadi standar SD format untuk professional ca

Christmas' Eve and Christmas Day

MERRY CHRISTMAS,EVERYONE~!! SELAMAT HARI NATAL~!! Well,sebenernya, di Indonesia belum natal sii. Sekitar sejam lagi lah. Hehee.. Baru berasa loh sekarang. Biasanya,tiap tahun malah,gw natalan selalu dirumah, bareng nyokap, bokap,adek2 gw. Menggila bareng adek2 gw. Nyobain makanan sama kue2 dirumah keluarga yang kita datengin. Kalo gak nyuguhin minuman buat tamu yang dateng ke rumah. Gw biasanya bareng2 ama keluarga gw. Ke gereja bareng pagi2 pas natal. Gw inget, dulu pernah, kita tuker2an kado buat natal. Bokap gw ngasih kaos klo gak salah. Nyokap gw ngasih pigura, isinya foto gw lagi digendong ama bokap, foto gw dengan pose epik gw (yang membuktikan kenapa gw lebih suka foto dengan pose aneh2,klo temen gw bilang foto epik, ketimbang foto cantik. Tapi klo ada yang nawarin gw suruh foto cantik di studio+make up+baju, gw gak nolak sii. Hehee), foto nyokap gw waktu masih muda, dan foto adek2 gw yang waktu itu masih unyu (sekarang si udah amit2 dah. I MISS YOU,GUYS!!). Adek2 gw,gw l