Skip to main content

Have You Watch "Cabiria"?

Cabiria. Pada pernah nonton gak? Klo belum, gw jelasin film seperti apa Cabiria itu. Cabiria itu film bisu (B.I.S.U..!! mati gak lo) yang dibuat tahun 1914 sama Giovanni Pastrone berdurasi dua jam lebih sedikit. Gw gak tau pasti gimana ceritanya, tapi yang pasti isinya tentang perjalanan hidup si Cabiria itu. Yang gw inget dari film itu cuma:
ada gunung meletus
si Cabiria dibawa pergi sama pengasuhnya
ketahuan sama suku pedalaman yang cuma pake rok rumbai-rumbai (gak tau dah dalemnya pake ato gak)
dijual sama mereka
dibeli sama pendeta (atau apalah itu)
terus mau di jadiin korban bakaran pengasuhnya ngalang-ngalangin
pengasuhnya minta tolong sama dua orang yang kebetulan lewat
pas mau di masukin ke pemanggang berbentuk hewan berbadan manusia ditolongin ma salah satu orang itu (tentunya yang badannya kayak Ade Rai agak kecilan dikit dan akhirnya sipengasuhnya yang dibakar)
pas kabur karena takut ketangkep di kasih ke cewek yang mau ketemu ma penggemar rahasianya
di bawa kabur lagi ma si cewek itu
diasuh sampe gede
pas gede ketemu lagi ma dua orang yang nolongin
pas mau ditolongin, si Cabiria ketahuan masih hidup, mau di bakar hidup-hidup (kalo gak dipenjara bawah tanah, lupa gw)
ada negosiasi dan kawan-kawan
Cabiria di bebasin pas si cewek mau mati (udah pegang2 leher, kyak mau nyekek leher sendiri, terus bangun tidur, gak jelas pokoknya)
akhirnya nikah sama yang nolongin (bukan yang kekar, tapi yang udah tuwir)

Selain itu, ada adegan-adegan yang gw sendiri gak ngerti hubungannya apaan ma tu film kyak:
ada Archimedes lagi nyari ide buat ngusir pasukan Roma ato pasukan mana gitu
si cewek, yang ngurus si Cabiria, menikah, terus bikin perjanjian ato apalah
Banyak deh pokoknya, sampe pada lupa. Udah gitu, aktingnya berlebihan. Masa, udah mau mati aja (matinya pake racun, baygon kali yaa), pake jalan kesana kemari, bangun-tidur, bangun lagi, tidur lagi, banguuuuunnn, tidur lagi (jadi lagunya mbah Surip donk)

Tapi, klo dilihat dari sisi teknisnya, tu film udah bagus tekniknya. Apalagi filmnya dibuat tahun 1914 (lahir aja belum kitanya). Kamera yang biasanya statis, sekarang udah mulai gerak sana sini (klo orang film nyebutnya Panning), tapi gak goyang. Terus lighting ama special effectnya, bujug dah, lumayan keren lah untuk jaman kita, tapi sangat keren untuk jaman baheula. Hahaa..

Satu pertanyaan yang mungkin muncul dibenak lo-lo pada. Kenapa gw ngomongin ni film, padahal udah luamaaa banget filmnya dan BISU. Hal itu dikarenakan, gw harus membuat REVIEW tentang ni film. Kebayang gak, nonton ni film selama 2 jam lebih, ngantuk-ngantuk gak jelas, jalan ceritanya ilang-ilang diotak, bikin review lagi diakhir. Yaaahh. Klo mau  nyoba, silahken cari videonya di YouTube. Biar lebih gampang, gw kasih videonya, tinggal di buffer.



Dan terakhir, gw mau ngucapin "terima kasih" yang sangat besar kepada dosen Cinematography History gw yang membuat gw menonton film ini dan membuat reviewnya. Terima kasih, bapak. -- #bow

Comments

Popular posts from this blog

Kuliah vs. Sekolah

Ok, kali ini, gw mau ngebahas tentang bedanya kuliah sama sekolah. Kenapa gw mau capek2 gebahas itu, soalnya biasanya orang tua sering banget marahin anaknya yang kuliah gara2 messy, disorganized. Cerita nyata ni: ada temen cewek gw, sebut aja namanya Joni, bukan Tatang lho yaa. Lupakan tentang Tatang. Tatang udah basi. Udah jamuran, ditelen bumi. *tanduk sama ekor setannya muncul* Balik ke Joni. Joni ini, kemaren cerita ke gw klo dia akhir2 ini sering banget dimarahin sama bokap n nyokapnya (baca: ortu,red) gara2 dia jadi gak aturan hidupnya. (mungkin gara2 ketemu gw kali yaa, makanya jadi anak yang gak aturan. Maap ya, om, tante. *bow) Terus, kata temen cewek gw yang lain, masih temennya Tatang n Joni, sebut aja Boyke, cerita klo dulu dia sampe depresi, mau kabur dari rumah gara2 sering dimarahin itu. Dari contoh diatas aja bisa kita lihat bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa. Nah loo, mulai ngelantur. Back to the topic. Dari contoh itu aja kita bisa liat klo...

Cinta??

Entah kenapa, tiba2 gw kepikiran. Kenapa sii kita jatuh cinta? Lebih tepatnya sama lawan jenis. Ceritanya, gw baru aja pulang dari gereja, bareng temen gw, naek angkot. Pas itu, kebeneran ada kursi kosong di pojok dalem, deket jendela belakang. Akhirnya, gw duduk disitu. Pas angkot jalan, angin sepoi-sepoi gitu, jendela, mulailah GALAU TIME. Gw mikir tentang seseorang di masa lalu gw. Pas lagi mikirin dia, gw denger temen gw ketawa. Pas gw liat, dia ketawa pas ngeliat sesuatu di hpnya. Entah kenapa, gw kepikiran, dia kan ada suka ma seseorang (yg gw gak tau). Kenapa yaa? Dari situ, muncul pertanyaan, kenapa sii kita jatuh cinta? Apa sii cinta itu? Apalagi sama mahkluk yang namanya lelaki atau laki-laki atau pria. Kenapa gitu kita bisa attract sama penampilan mereka, atau apanya mereka. Ada yang bilang, klo ada hormon yang kerja. Tapi, kenapa harus begitu? What is love? Where is love? When we fall in love? Who is love? Why love? How it become love?

After a Long Time, and It's Valentine.

Akhirnya, kita berjumpa pula, sodara-sodara. Hahaa. Betapa senangnya gw, akhirnya gw sembuh dari writter block yang kemaren-kemaren gw alami. Bahasa filipinanya, akhirnya gw nemu ide buat di share ke kalian. Hehee. *apaan sii? --'* Mari kita tinggalkan writer block itu, kita bahas yang lain. Gw yakin pasti lu2 pada kangen banget sama tulisan2 gw, celotehan2 gw, narsis2nya gw. Ya kaaann?? #PDTingkatTinggi. Well, gw punya cerita, yang mungkin udah agak basi buat gw, tapi gak buat kalian, para pembaca setia blog gw ini. Hehee. Masih berhubungan dengan valentine, yang telah berlalu beberapa hari yang lalu *suara hati:puji Tuhaaaann, akhirnya selese juga valentine-valentinenan itu.* Dan ini adalah cerita bagaimana gw menghabiskan hari valentine. Mungkin klo 14 Februari itu dijadikan hari libur internasional, gw bakal ngedekem dikamar, gak tau mau ngapain di hari itu. Nunggu orang ngajak pergi malamnya, gak mungkin. Ngajak orang pergi malamnya, apalagi. *orang ini maksudnya cowok loh y...